Popular Post

Labels

Followers

Powered by Blogger.
Posted by : Khoirul Abdullah January 20, 2014

  Pemasaran : terdiri dr kegiatan perorangan dan organisasi yg memudahkan dan mempercepat hub pertukaran yg memuaskan dlm lingkungan yg dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga brg, jasa dan gagasan
  Bauran Pemasaran : adl strategi pemasaran terdiri dr campuran unsur-2 produk, promosi, tempat dan harga ( = 4 P ). Tujuannya adl mengembangkan strategi yg menerapkan sumber daya bagi pemasaran brg, jasa dan gagasan perush.
  Pusat saraf pemasaran (Marketing nerve center – Prof. Kotler dr Northwestern Univ. 1966)  untuk menggambarkan suatu unit baru di dlm pemasaran yg mengumpulkan dan mengolah informasi pemasaran.
  Tiga jenis Informasi pemasaran menurut Kotler  :
1.  Intelijen pemasaran – Inform mengalir dr lingkungan ke perusahan
2.  Informasi pemasaran intern  - Inform yg dikumpulkan di dlm perusahaan
3.  Komunikasi pemasaran – Inform mengalir dr perush ke lingkungan
MIS
  MIS – ada 2 elemen penting di dalamnya : 1. semua sistem inform fungsional hrs bekerjasama, 2. dukungan pemecahan masalah tdk terbatas pd manajer pemasaran.
  Model MIS menurut Kotler : terdiri 4 subsistem.: akuntansi internal, intel pemasaran, penel pemasaran dan management science pemas. Susbsistem-2 ini mengambil data dr lingkungan dan mengubahnya menjadi inform bg eksekutif pemas.
1.    Sist Ak Internal : Kotler mengakui adanya hub simbiosis atau ketergantungan antara berbagai fungsi dlm perush. SII memberi ikatan bersama di seluruh perush.
2.   Sist Intel Pemas : terut berhub dgn penyebaran inform u/menyadarkan ttg perkembangan-2 baru di pasar
3.   Sist Penel Pemas : punya 2 tujuan yaitu (1) mendpt data terbaru yg menyebarkan operasi pemasran dan (2) menyajikan penemuan tsb bg manajemen dlm bentuk yg memudahkan pengamb keputusan
4.   Sist Man Science pemas : menekankan penggunaan teknik kuantitatif yg canggih, spt model matematika.

Subsistem Input SIP (MIS)

Subsistem Input : menyediakan data bg database. Subsist input terdiri dr :
1.    Sistem Informasi Akuntansi : mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perush.  Data digunakan untuk menyiakpan inform dlm bentuk lap periodik dan khusus. Data juga menyediakan input bg model matematika dan sist pakar.
2.    Subsistem Penelitian Pemasaran : melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran u/tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemas. Terdapat 2 jenis data
1.    Primer – data yg dikumpulkan perush (data dikump oleh wiraniaga) tekniknya : wawancara mendalam, pengamatan, pengujian terkendali
2.   Sekunder – data yg dikumpulkan oleh orang lain
3.   Subsistem Intelijen Pemasaran : mengumpulkan inform dari ling kungan perush yg berkaitan dgn operasi pemas. Intel Pemas mengacu pd berbagai kegiatan yg etis yg dpt digunakan u/mendpt inform ttg pesaing.
4.    Tugas-2 Dasar Intelijen  (5) : Mengumpulkan data, mengevaluasi data, menganalisis data, menyimpan intelijen, menyebarkan intelijen.


Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari E-Commerce:
Kelebihan E-Commerce :

·      Revenue stream baru
·      Market exposure, melebarkan jangkauan
·      Menurunkan biaya
·      Memperpendek waktu product cycle
·      Meningkatkan customer loyality
·      Meningkatkan value chain

Kelemahan E-Commerce :

·         Isu security
·         Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.
·         Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
·         Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
·         No cash payment.
·         Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.
·         Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.

 Flowchart Sistem Informasi Manajemen Marketing

Kesimpulan : 
Jadi Meskipun banyak terdapat kekurangan dalam E-Commerce namun peluang bisnis yang ada pada era seperti ini masih sangat besar karena perkembangan yang ada pada masyarakat


Sumber : http://soebandi.dosen.narotama.ac.id
         
      http://liaalit.blogspot.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Khoirul Abdullah - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -